Senin, 17 Oktober 2016

Hiking Dan Trekking

Hiking Dan Trekking

Antara Hiking Dan Trekking adakah perbedaannya? Sering kita mendengar dua istilah tersebut secara bersamaan dan akhirnya banyak yang bingung, kegiatan petualangannya masuk kategori yang mana? Apakah Hiking atau Trekking. Dua istilah tersebut memang akrab bagi penggiat alam terbuka, tetapi marilah kita lebih mengetahui perbedaan antara Hiking Dan Trekking.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ78hZg_OxxsPs7hwAD3q82x1kdCqKgMZwEnsxOy_W3gL3HgAgeQjxBnoLhuI3F7BS67AXj8jPY0BKKHe0bYAoQ4n0yJIzu9kGKBanHx43mRiF2RJG66LfOA32d2-bOhAZijwvDqQYXCY/s1600/hiking.jpeg

Mungkin Anda mendengar rekan Anda merasa bangga dengan trekkingnya mendaki gunung Bromo dan Penanjakan untuk melihat view sempurna pegunungan Tengger. Atau di waktu tertentu Anda mendapatkan tugas dari senior Anda untuk melakukan hiking selama berhari - hari lamanya camping di hutan dengan tujuan membuat jalur baru ke gunung.

Dari pernyataan di atas benarkah mendaki gunung Bromo termasuk ke dalam kategori trekking? Sementara pembuatan jalur baru ke gunung ( penebasan ) termasuk kategori hiking?

Hiking adalah salah satu kegiatan outdoor dimana pelakunya melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olahraga. Biasanya tempat yang di tuju adalah lokasi yang memiliki panorama indah, dengan jalur yang sudah di buat.

Trekking adalah perjalanan panjang dilakukan dengan berjalan kaki di daerah yang biasanya tidak ada sarana transportasi tersedia disana, pada jalur yang belum dipetakan, serta di lingkungan yang menantang, mungkin berbukit atau pegunungan.

PERBEDAAN SIGNIFIKAN ANTARA HIKING DAN TREKKING

Lokasi
Lokasi tujuan hiking biasanya sudah memiliki jalur yang sudah di buat sebelumnya, bahkan di beberapa spot sudah di bangun papan penunjuk sehingga memudahkan pelakunya, sementara trekking di lakukan di daerah yang sarana transportasi masih belum ada. Contohnya di daerah pegunungan yang memiliki hutan belantara sehingga pandangan kita menjadi terbatas.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpaewuz5zA6cYzFNAEWbOWCHGc76HlJyREgQb5Z-cD0stZT0syOibNp7VfPYtiD4A6Up4dKhBO9dQ8BL3J2b37amNh_xW4Hq8j7DjpQ3_e6kBxVDvhhKZartDzJzdIkGrgRneKix7S8gc/s1600/trekking.jpeg 


Waktu
Waktu yang di butuhkan untuk melakukan hiking tidak terlalu lama bisa tercapai dalam sehari, sementara trekking membutuhkan waktu yang relatif lama, berhari - hari bahkan bisa berminggu - minggu saat melakukan perjalanan. Lamanya waktu dalam trekking di karenakan jalurnya yang panjang maupun pemecahan dalam menghadapi bentuk topografi medannya.

Jarak Tempuh
Jarak tempuh hiking singkat, sementara trekking jarak tempuhnya sangat panjang.

Dari pengertian dan perbedaan ini bisa di simpulkan jika mendaki gunung Bromo merupakan kegiatan hiking, sementara pembuatan jalur bisa di artikan sebagai trekking. source

0 komentar :

Posting Komentar